Fenomena Cowok yang Melambai


“Bencong luh”, “dasar ngondek”, “ yee banci”. Mungkin kata-kata itu udah gak asing lagi buat cowok-cowok yang yaa bisa dibilang agak-agak kecewek-cewekan gitu lah. Beberapa dari mereka sakit hati kalo dikatain kayak gitu, ada juga yang malah enjoy aja karena udah terbiasa. Walaupun pakaian mereka normal dan gak terlalu feminim tapi kalo emang kelakuannya agak melambai tetep aja julukan ‘cong’ bakal nempel ke mereka, meskipun orientasi seksualnya gak semuanya menyimpang.

Menurut beberapa literatur yang gue baca, anak cowok yang bertingkah agak kayak cewek itu salah satu faktornya adalah faktor genetik. Mereka terlahir dengan kromosom Y yang kelebihan jadi kromosom Y itu ngebentuk kromosom X yang gak sempurna. Kromosom Y bawa sifat cowok sedangkan kromosom X bawa sifat cewek. Biasanya ini baru keliatan pas anak-anak berumuran 5 atau 6 tahun.

Faktor yang selanjutnya adalah faktor lingkungan. Ya kita gak bisa ngelak dari faktor yang satu ini karena ini sensitif banget. Mulai dari orang tua, saudara, temen, sekolah bahkan sampe media kayak tv dan internet bisa jadi pengaruh ke mereka. Kalo mereka biasa bergaul sama cewek, mungkin itu saudaranya, temennya ataupun pembantunya, mereka pasti akan kebawa sama sifat feminim itu.

Antara faktor genetik dan faktor lingkungan sebenernya saling berhubungan. Kalo emang genetiknya dia yang agak belok, otomatis dia pun bakal masuk dan terpengaruh ke lingkungan yang bikin dia belok juga. Jadi mau diapain juga kalo emang genetiknya udah begitu ya tetep aja dia belok. Begitu pula sama yang normal, kalo dia masuk di lingkungan yang agak belok pasti dia gak gampang terpengaruh buat jadi belok juga.

Sikap yang harusnya kita kasih ke mereka adalah nerima mereka apa adanya. Tuhan udah ciptain mereka kayak gitu, kita gak bisa ngelak lagi. Biar mereka menjadi diri mereka sendiri, kalo dia agak menyimpang baru deh kita ingetin mereka. Karena orang-orang yang kayak gini lebih sensitif jadi kasian banget kalo mereka di hujat terus padahal itu semua bukan pure kesalahan mereka.

Gue sendiri ngaku kalo gue juga agak kayak gitu. Dari SD sampe gue kuliah udah biasa banget dapet hinaan, cemoohan bahkan bully-an karena kepribadian gue itu. Awalnya gue suka tersinggung tapi lama kelamaan itu udah biasa aja bagi gue. Gue anggep itu adalah anugerah yang Tuhan kasih ke gue. Gue pun gak tau apa jadinya gue kalo gue gak kayak gini. Gue suka nutupin diri dari lingkungan, suka menjauh dari orang dan suka menyendiri ya karena anugerah dari Tuhan ini. Dulu gue juga bingung kenapa banyak temen gue yang normal mau temenin gue padahal dia tau betul kepribadian gue yang kayak gini. Tapi lama-kelamaan gue sadar kalo ini semua udah rencana yang maha kuasa. Karena mau di gimanain lagi? I WAS BORN THIS WAY!!!

Satu quote dari gue:
“Just keep in your way” – Trah Nugroho 19 y.o.



5 comments:

  1. we're in the same way, mungkin itulah TS yang tidak diketahui orang lain terhadap kita, selagi kita selalu berdoa pada Tuhan saya yakin kita selalu diberi petunjuk oleh Nya

    ReplyDelete