RENUNGAN: Proud To Be Who You Are



Pernah gak sih lo merasa gagal dalam suatu hal? Pernah juga gak sih lo merasa lo adalah pecundang yang gak bisa apa-apa? Atau lo pernah gak merasa orang lain jauh lebih baik daripada lo sehingga lo minder terus? Semua orang pernah kayak gitu sampe-sampe mereka berasa hidup mereka sia-sia.

Kalian pasti pernah iri dan cemburu sama orang, padahal kita juga  gak tau kalo sebenernya orang itu pernah iri juga sama kita. Kita juga suka berprasangka buruk terus sama orang itu. Atau kita bisa juga selalu merasa orang itu jauh lebih hebat atas segalanya dari pada kita sendiri. Hal-hal yang kayak gitu yang sebenernya nambahin beban pikiran ke diri kita. Kita mikirin orang padahal belum tentu orang itu mikirin kita.

Kesenjangan sosial merupakan salah satu faktor yang bikin kita kayak gini. Kita merasa temen kita lebih mapan dan lebih kaya sehingga kita cuma bisa diem saat mereka ngebanggain kemapanannya. Atau bisa juga karena fisik. Temen kita yang lebih ganteng atau cantik pasti lebih gampang dapetin pacar dari pada muka kita yang gak ganteng atau cantik.

Terkadang kita pernah ngerasa Tuhan gak adil, kita malah salahin Tuhan. Padahal sebenernya Tuhan punya rencana yang bagus banget buat kita semua. Kita merasa gitu karena kita suka banding-bandingin diri kita dengan orang lain. Bisa aja orang yang lebih hebat dari pada kita sebenernya ngerasa tersiksa dengan hal-hal itu, pada akhirnya mereka yang iri sama kita.

Banyak banget contoh simpelnya. Misalnya si A yang cuma anak sederhana suka merasa iri sama si B yang anaknya orang kaya, dia gaul, dia pinter dan jadi idola lawan jenis. Tapi si A gak tau kalo sebenernya si B hidup dalam tekanan karena si B adalah anak broken home sedangkan si A ortunya masih lengkap. Atau juga misal si C yang jago berkomunikasi suka iri sama si D yang pinter akademik, padahal si D sebenernya suka iri juga sama si C atas bakatnya.

Semua balik lagi ke pribadi kita masing-masing. Kita harus tau potensi yang ada di diri kita. Karena banding-bandingin diri kita dengan orang lain gak akan bisa mecahin solusi. Ada saatnya kita up ada juga saatnya kita down.

Jadilah diri lo sendiri, lakuin apa yang lo mau, ikutin kata hati lo, itu yang bakal nuntun lo buat nemuin siapa diri lo sebenernya. Jangan pernah tergiur sama ajakkan temen lo yang cuma bisa bikin kesenangan sesaat.

Satu quote dari gue:


“Cool people are the people who can be theirselves and they’re proud of it” – Trah Nugroho 19 y.o.

0 Comments:

Post a Comment