THROWBACK HIMPUNAN MAHASISWA SIPIL POLITEKNIK NEGERI JAKARTA 2014/2015

Selamat datang lagi nih buat readers. Kalo kalian udah baca artikel gue tentang 2 tipe mahasiswa di kampus, gue sebenernya masuk di tipe mahasiswa aktivis kampus. Dan kali ini gue akan mengulas tentang salah satu organisasi kampus yang pernah gue jalanin dan menurut gue masih menjadi organisasi terbaik yang pernah gue jalanin sampe gue berusia 19 tahun. Kepo kan? Yuklah check this article out!
Logo dan visi misi HMS KESATRIA
Namanya Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) yang nama kabinetnya adalah KESATRIA. Dipimpin sama Malvin Pradipta Irianto yang juga mengusung nama KESATRIA itu. KESATRIA itu sebenernya adalah singkatan dari visi misi dari Malvin. KESATRIA = Kekeluargaan, Empati, SAntun, Tegas, Rukun, Inovatif dan Amanah. Kita terdiri dari 101 anggota yang di bagi jadi beberapa departemen dan biro. Mulai dari biro Penelitian dan Pengembangan, biro Kesekretariatan, biro Bendahara Umum, biro Umum, biro Kerohanian, Dept. Kemahasiswaan, Dept. Studi Mahasiswa, Dept. Komunikasi dan Informasi, Dept. Ekonomi, Dept. Sosial Politik dan Dept. Sosial masyarakat yang masing-masing diketuain sama kepala biro dan departemen.

Malvin Pradipta Irianto, Ketua HMS KESATRIA
Semua berawal dari Malvin Pradipta yang kepilih menjadi ketua HMS, dia milih-milih partner kerjanya buat di Badan Pengurus Harian (BPH) yang jadi kepala departemen dan biro. Gue yang awalnya gak terlalu aktif di HMS periode sebelumnya merasa kaget banget pas di rekomendasiin dan dipilih jadi kadept kominfo begitu pula kadept-kadept lain yang kepilih, mereka juga tau pasti bakal megang amanah yang besar buat jadi BPH.

Badan Pengurus Harian HMS KESATRIA
Akhirnya terbentuk BPH HMS KESATRIA 2014/2015
Ketua – Malvin Pradipta Irianto (tengah atas)

Sekretaris Umum – Fadhil Abdullah Karyadinata (dua dari kiri atas)

Kabir Kestari – Khuraim Ziyad Assady (bawah kanan)

Kabir Bendum – Wulan Putri Permatasari (dua dari kiri bawah)

Kabir Umum – Khoirun Nisa (tiga dari kiri bawah)

Kabir Kerohanian – Gilang Perdana Santoso (atas kiri)

Kadept Kemahasiswaan – Rizki Andriana (tiga dari kanan bawah)

Kadept Studi Mahasiswa – Alkausar Jasman (bawah kiri)

Kadept Komunikasi & Informasi – Trah Nugroho (dua dari kanan atas)

Kadept Ekonomi – Mutiara (dua dari kanan bawah)

Kadept Sosial Politik – Fariz Adnan Ibrahim (kanan atas)

Kadept Sosial Masyarakat – Rizka Safitri (tengah bawah)

Pengurus HMS KESATRIA
Abis kita terbentuk, kita mulai adain open recruitment buat mahasiswa sipil PNJ yang mau gabung jadi pengurus HMS KESATRIA. Dari sekian banyak yang daftar kita (BPH) seleksi sampe larut malem, sampe gak makan, sampe gak mandi, sampe gak napes (lebay) akhirnya kita dapet 101 orang (termasuk BPH) yang kepilih buat jadi pengurus HMS KESATRIA.

Suasana Raker
Kita semua mulai ngerancang program kerja dan mulai pendekatan tiap departemen dan biro. Dan semuanya di sampein pas Rapat Kerja HMS KESATRIA 2014/2015. Ada yang prokernya di terima, ada yang prokernya di pertimbangkan sampe terjadi debat kusir, ada juga yang prokernya ditolak mentah-mentah. Kalo dari kominfo sendiri sih Alhamdulillah pas presentasi proker semuanya berjalan lancar tanpa interupsi dan debat sehingga prokernya di terima semua J. Setelah udah di terima semua proker itu, kita mulai eksekusi proker-proker itu deh. Ada yang bersifat event ada juga yang jadi agenda rutin.

Wisuda Jurusan Teknik Sipil 2014
Buat event pertama di bulan September 2014 ada Wisuda Jurusan a/k/a Wisjur yang jadi prokernya Dept. Kemahasiswaan. Project Officernya adalah Rika Anggraeni yang ngejabat jadi staf Kemahasiswaan. Awalnya konsepnya udah mateng dan keren banget, namun semua berubah setelah Pudir 3 ngasih keputusan kalo wisuda jurusan gak diijinin dan gak di danain. Semua panitia pun getar getir cari plan B. Akhirnya wisjur tetep berjalan dengan sederhana dan apa adanya.

Kuliah Umum Teknik Sipil 2014
Lanjut ke proker yang kedua ada Kuliah Umum a/k/a Kulum di bulan November 2014 yang jadi prokernya dept Studi Mahasiswa. Project Officernya adalah Romi Surya Anggada yang ngejabat sebagai staf Studi Mahasiswa. Kuliah Umum ini jadi salah satu tonggak keberhasilan HMS nih karena pihak jurusan dukung banget acara ini sampe ada kerjasama jurusan sama perusahaan pengembang software konstruksi TEQLA. Pokoknya event ini juga jadi event sukses yang pernah diadain HMS KESATRIA deh.

PSMO 2014
Selanjutnya ada PSMO (Pelatihan Softskill dan Manajemen Organisasi) yang jadi prokernya biro Litbang di November 2014 juga. Project Officernya adalah Moch Rachmad Ramdhani yang ngejabat jadi ketua Libang dan panitianya adalah veteran HMS semua. Pesertanya adalah semua pengurus HMS yang 101 orang itu, tapi yang dateng cuma sekitar 30 orang. Disana kita bener-bener dilatih berorganisasi sampe merasakan hijaunya kolam renang ‘cincau’, seru deh pokoknya.

Civil Competition 2014
Abis itu di akhir bulan November sampe awal Desember 2014 ada proker Civil Competition 2014 a/k/a CC 2014 yang jadi prokernya dept kemahasiswaan lagi. Project Officernya adalah Rizki Purnama yang ngajuin diri dari non pengurus HMS. Lagi-lagi proker dari dept kemahasiswaan gak di ijinin sama pudir 3 dengan alesan udah ada Olimpiade Politeknik yang jadi acara kompetisi buat semua mahasiswa PNJ, padahal kan Civil Competition acara kompetisi buat anak sipil doang, ampun deh. Tapi kita berusaha sekuat tenaga hingga memeras keringat kita akhirnya acara CC 2014 berjalan juga, fiuhh.

Sipil Bersih 2014
Di akhir semester ganjil kita ngadain Sipil Bersih yang jadi prokernya Sosial Masyarakat dimana Rizka Safitri sebagai kadept Sosma jadi Project Officernya. Awalnya sih keliatannya antusias dari mahasiswa sipil dikit yang mau ikut, tapi setelah mereka tau kalo ikutan Sipil Bersih bisa ngurangin kompen sampe 300, akhirnya antusiasnya gede banget. Kebanggan banget ini buat HMS KESATRIA, apalagi proker ini baru dijalanin tahun ini.

CIVFEST 2015
Di bulan Maret 2015 ada satu proker kebanggaan HMS KESATRIA yang merupakan proker gabungan dari dept Studi Mahasiswa, dept Kemahasiswaan, biro Kerohanian dan dept Sosial Masyarakat. Yupss Civil Engineering Festival a/k/a CIVFEST 2015 J yang pertama kali diadain oleh HMS PNJ. Project Officernya adalah Alkausar ‘Edo’ Jasman yang ngejabat jadi kadept Studi Mahasiswa. Konten acaranya ada Lomba Beton, Seminar Nasional, Civil Engineer Mentoring, Workshop ASBAK dan Ultramen. Acaranya dibuka sama flashmob dari anak sipil dan ada konvoi komunitas vespa dan honda klasik. Acara-acara di CIVFEST ini tergolong sukses karena antusias dari anak sipil PNJ dan luar PNJ tinggi banget. Mulai dari Lomba Beton yang pesertanya dari 14 perguruan tinggi seluruh Indonesia, SemNas yang keynote speakernya orang-orang hebat di bidang konstruksi, Cement yang menarik perhatian mahasiswa PNJ, Workshop ASBAK yang tiketnya sold out dalam waktu singkat sampe Ultramen yang bisa bangun MCK di daerah Depok 2. Berkat CIVFEST pandangan jurusan ke HMS jadi bagus banget, gak cuma jurusan tapi semua civitas akademika PNJ jadi lebih perhatian ke HMS PNJ. Pokoknya CIVFEST jadi salah satu tonggak keberhasilan HMS PNJ lah. Dan lagi-lagi ini semua berkat kerja keras dari panitia yang isinya mahasiswa sipil PNJ yang gaada matinya.

Dialog Jurusan 2015
Dan event terakhir yang diadain HMS PNJ adalah Dialog Jurusan yang jadi prokernya dept Komunikasi dan Informasi HMS KESATRIA. Project Officernya adalah Moch Iqbal Syaiful Ghani yang ngejabat sebagai staf Kominfo. Acara yang sempet di undur beberapa kali ini akhirnya terlaksana dengan baik banget deh keliatan dari antusias dari struktural teknik sipil yang 90 % hadir di acara DJ ini. Poin plus juga buat HMS KESATRIA karena udah beberapa tahun proker ini gak berjalan sama sekali. Dan DJ ini pun bikin struktural teknik sipil PNJ ngasih nilai positif ke HMS KESATRIA.

Untuk proker-proker rutin ada banyak, dari stuma ada bank soal, dari sosma ada dana duka dan advokasi, dari kominfo ada mading, kotak saran dan jarkom sosmed, dari sospol ada kajian, mading sospol dan aksi, dari biroh ada jikoday, infaq Jumat dan bersih-bersih mushola, dari birum ada mading birum, jaga sekret dan sweet box, dari ekonomi ada jaket angkatan, uang kas HMS dan pakaian dinas pengurus HMS (PDP HMS). Dan semuanya berjalan dengan lancar jaya makmur sentosa walaupun ada macetnya juga sih.

Logo BBC PNJ
Gak cuma itu, HMS KESATRIA juga punya prestasi berupa terbentuknya KSM Building and Bridge Club yang difokusin buat KJI dan KBGI serta lomba-lomba lain yang ada hubungannya sama teknik sipil. Ini termasuk prestasi soalnya udah beberapa tahun pengen di perjuangin tapi cuma berujung wacana. Alhamdulillah di periode HMS KESATRIA bisa terbentuk dan berjalan lancar yang diketuain sama R.A. Puspa Puspitasari.

Pemira HMS 2015
Setelah semua proker udah di eksekusi, HMS KESATRIA pun sudah harus di lengserkan, OMG :O. Dibentuklah panitia buat acara Pemilihan Raya a/k/a PEMIRA 2015 yang Project Officernya adalah Fariz Adnan Ibrahim yang harus relain jabatannya sebagai kadept Sosial Politik di lepas demi jadi PO acara ini. Banyak banget kerikil yang ngehambat acara ini, mulai dari calon kahimnya, MPM sampe panitianya juga. Tapi akhirnya terlaksana juga dengan baik dengan Dica Rosmyanto kepilih jadi kahim HMS 2015/2016.

Semua proker udah jalan, masa jabatan udah abis, ketua baru udah kepilih, nah ini saatnya kestari dan bendum nyusun sebuah buku yang ngisi track record HMS KESATRIA yaitu Laporan Pertanggung Jawaban kepengurusan HMS KESATRIA 2014/2015. Tiap hari di sekret pasti ada Khuraim Ziyad dan Wulan Putri beserta staf yang ribet ngurusin LPJ. Mereka mondar-mandir dari rumah ke kampus biar LPJ terbaik bukan sekedar mitos (walaupun sebenernya mitos juga -_-). 1000 lebih halaman LPJ mereka susun sampe-sampe siapapun yang bawa LPJ itu bakal oleng dibuatnya (termasuk gue -_-).

Sidang Kepengurusan HMS KESATRIA 
Dimana ada awal disitu pasti ada akhir, begitu pula dengan kepengurusan HMS KESATRIA yang diakhiri dengan sebuah persidangan, yaitu Sidang Umum. Beberapa pengurus dateng ke acara itu buat nyaksiin akhir kepengurusan kita semua, proker demi proker di bacain baik itu sukses maupun gagal. Dan alhamdulillah LPJ kita diterima sama MPM jadi kita resmi bubar.

Malvin menerima trophy bergilir

Tropy Bergilir
Tapi itu semua belum berakhir sampe di LFK Awards 2015 dimana ada penghargaan buat pemira terbaik, proker terbaik, LPJ terbaik sampe LFK terbaik. Diawalin dari pengumuman pemira terbaik ternyata yang menang dari jurusan teknik mesin, lanjut proker dan LPJ terbaik yang dimenangin dari SMPK Cevest, ehh pas pengumuman LFK terbaik dimenangin sama HMS KESATRIA!! Gue bener-bener bangga, seneng, bener-bener campur aduk deh perasaan. Kita usaha bareng-bareng ya pasti seneng bareng-bareng. Bener-bener speechless deh rasanya. Sampe dibilang HMS KESATRIA bisa bawa perubahan di teknik sipil PNJ dan banyak banget kemajuan yang kita buat lah.


PSMO BPH

Musyawarah Besar HMS 2015

Farewell Party HMS KESATRIA

Kominfo HMS KESATRIA

Sosma HMS KESATRIA

Bukber Panitia CIVFEST 2015

Kalo gue sendiri sih merasa nemu banget passion gue disini, gue banyak belajar disini, belajar organisasi, belajar hadapin orang, belajar kepemimpinan dan banyak lagi deh. Buat kalian pengurus HMS KESATRIA yang baca artikel ini gue mohon jangan lupain perjuangan kita selama satu periode ini ya. Terima kasih atas satu periodenya yaa. Apa yang lo dapetin disini gue harap bisa lo terapin di hidup lo kedepannya. Sekian dari gue, wassalam.

Satu quote dari gue:
“Amanah gak pernah salah pundak, kalo lo udah dikasih amanat pasti lo merasa bertanggung jawab akan amanat itu”Trah Nugroho 19 y.o.

5 comments: