TRAVELLING RECOMMENDATION: Gua Petruk Kebumen

Oke ini adalah Travelling Recomendation pertama dari gue yaitu Gua Petruk yang ada di Jawa Tengah tepatnya di Kabupaten Kebumen. Gue dan temen-temen gue jalan-jalan ke objek wisata yang satu ini di bulan Januari 2015 kemaren. Mau tau lengkapnya? Check this article out!!


Gua Petruk letaknya ada di dukuh Damayana Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Letaknya juga gak jauh dari Gua Jati Jajar yang ada di kabupaten Kebumen juga. Gua yang namanya diambil dari nama salah satu tokoh wayang ini bener-bener outstanding banget deh. Gua ini panjangnya sekitar 2 km dan termasuk gua terpanjang yang ada di dunia, widiihh!

Perjalanan dimulai pas kita udah masuk ke kawasan wisata gua Petruk. Lokasinya sepi dan gak rame kayak tempat-tempat wisata lain, ini nih yang kita cari. Kita di temenin sama tour guide yang adalah orang asli sana dan pastinya udah ngerti banget medan yang ada di gua Petruk. Kita wajib banget ditemenin tour guide soalnya medan yang ada di dalem cukup terjal dan kita bisa-bisa nyasar bahkan gak keluar lagi kalo gak hati-hati. Kita berdelapan request ke tour guide-nya agar kita nyusurin semua bagian gua sampe ketemu di mulut gua yang lain jadi kita gak muter balik di tengah gua, dan challenge accepted. Lets go!!
            
Sebagai pemanasan awal kita naik tangga menuju mulut gua Petruk. Lumayan panjang sih 250 meter jadi bener-bener burning up banget nih sebelum kita masuk ke gua. Anak tangga demi anak tangga kita lewatin karena kita tau kalo gua Petruk udah menanti kita disana, asik dah.


Sesampainya disana kita gamau kehilangan momen buat di capture pastinya. Yupp kita foto-foto unyu dulu dan setelah itu kita bersiap masuk ke dalam gua. Sangat disayangkan banget kalo penampilan mulut gua Petruk yang awesome ini di lewatin begitu aja. Keliatannya masih bener-bener alami dan mistis banget deh keadaan mulut guanya. Karena udah gak sabar kita langsung masuk ditemenin sama tour guide yang cuma berbekal lampu sentir dan senter buat penerangan di dalem.


Belum 20 meter kita masuk tapi keindahan dari gua ini bener-bener bikin speechless. Stalaktit dan stalakmit yang terbentuk secara alami di dalemnya nambah bikin kita gak mau cepet-cepet ninggalin tempat ini. Belum lagi aliran sungai kecil yang ada di dalemnya dengan suara gemericik air yang bikin suasana makin indah banget.


Semakin masuk ke dalem kita semakin kerasa banget kalo ada penghuni di dalem gua itu. Yak kelelawar gua Petruk pastinya. Bau anyir dari kotoran kelelawar itu bener-bener nusuk ke hidung dan bikin pengen muntah kalo kelamaan di dalemnya. Oleh karena itu kita langsung lanjutin perjalanan sebelum ada yang jackpot (baca: muntah)  gara-gara ngendus bau kelelawar disana, haha.

Di dalemnya juga banyak banget batu-batu yang di kasih nama spesial karena bentuk dan sejarahnya, ada batu tirai pintu, batu jamur, batu buaya, batu prangko dan masih banyak lagi deh.


Yang bikin spesial dari gua ini adalah ada bagian gua yang sunyi senyap abadi. Di ruangan ini gak ada cahaya alami, gak ada suara dan gak ada penghuninya. Kalo kita lewatin ruangan itu tanpa bawa alat bantu penerangan bener-bener gelap gulita kayak lo lagi merem deh. Ini adalah bagian favorit gue selama caving di gua Petruk.


Ada lagi bagian yang antara landasan bawah dan stalaktit cuma setinggi 150 cm dan dibawahnya ada air setinggi 50 cm. Kita harus nunduk buat lewatin area ini, belum lagi harus relain celana yang basah kuyup karena harus kerendem air 50 cm itu.


Lama-kelamaan keliatan juga sinar matahari dari mulut gua destinasi akhir kita. Ini artinya kita udah mau sampe di ujung gua dan ekspedisi gua Petruk udah mau selesai. Tapi lagi-lagi kita dibikin takjub sama pemandangan-pemandangan di gua Petruk yang gak ngebosenin buat di liat. Yak kesempatan lagi nih buat take a picture.



The journey has not ended yet! Keluar dari mulut gua yang beda pastinya ada jalan yang beda juga. Kita harus nempuh jalan yang panjang lagi buat ke tempat kita masuk ke tempat wisata itu. Kita harus lewatin pinggiran bukit yang dikelilingin pohon-pohon dan ngasih liat pemandangan langsung ke pematang sawah yang indah banget.


Selang beberapa lama kita jalan kita dibawa sama tour guide-nya ke sebuah air terjun kecil yang manjain mata nih. Yess, it’s time to take a picture again!

Yak itulah sebutir cerita dari gua Petruk yang indah banget. Gue bener-bener recommend banget deh ini tempat buat dikunjungin. Kalo dikasih 0 – 100 gue bakal kasih nilai 90 buat gua ini karena indah dan penuh tantangan banget buat kalian yang suka tantangan. Sekian dari gue!
Obyek Wisata           : Gua Petruk
HTM                          : Rp. 7.000,-
Tour Guide                : seikhlasnya

2 comments: