Menjadi Orang Penyendiri (Loner)

Yak kali ini gue akan mengulas salah satu sifat gue yang mungkin banyak orang ngerasainnya juga, yaitu PENYENDIRI. Tanpa basa-basi, langsung baca aja deh.

Courtesy Trah Nugroho 2016

Mungkin gue lebih suka menyendiri karena bisa bebas ngapain aja tanpa ada yang perhatiin. Mungkin juga gue lebih suka menyendiri karena merasa nyaman ketika gue gak harus dengerin orang-orang yang ngebacot depan gue. Karena saat gue sendirian gue gak perlu pura-pura, gue cukup jadi diri gue sendiri.

Bukannya anti sosial, tapi gue merasa kalo setiap orang punya privasi masing-masing yang gak harus diketahui banyak orang. Ada kalanya juga seorang penyendiri butuh temen buat diajak ngobrol dan main. Ada kalanya juga penyendiri merasa gak nyaman karena banyak orang di sekitarnya.


Kalian pasti pernah semasa sekolah pergi ke toilet minta anterin temen dan gak mau sendirian. Itu motivasinya buat apa coba? Kalian kan pasti tau letak toiletnya dimana, jadi ngapain banget kalian harus minta anterin temen ke toilet? Lagian kan lebih gak mungkin banget kalo temen kalian yang nganterin itu ikutan masuk juga ke bilik kamar mandi bareng kalian. Alesannya aneh banget, “kalo sendirian nanti dikira jomblo”.
    
Kadang-kadang juga orang yang sendirian ke suatu tempat kayak mall, restoran, bioskop dll dianggepnya aneh banget sama orang lain. Gue sendiri pun sering begitu dan merasa biasa aja dengan hal itu. Justru dengan gue jalan sendirian gue jadi lebih bebas dan sesuka hati buat pergi kemana aja yang gue mau. Gak ada ceritanya gue harus nanya ke orang lain “mau kemana dulu nih?” atau “terserah lo aja deh gue”. Justru orang lain malah yang menghambat keinginan lo untuk mengunjungi suatu tempat.
      
Introvert? Yak betul, kata ini pasti udah familiar buat orang-orang penyendiri. Karena orang introvert cenderung lebih diem, penyendiri, perenung dan pemikir. Mereka yang punya kepribadian introvert intinya lebih suka sendirian buat merenungi hal-hal outta box dan outta line. Dan orang macam ini termasuk orang yang selektif dalam milih temen. Gak semua orang bisa ngerti isi otak dia dan gak semua orang bisa temenan deket sama dia.
          
Seringkali juga seorang penyendiri ngomong sama diri sendiri seolah dia lagi ngobrol sama orang lain. Bukannya dia sakit jiwa loh, tapi itu merupakan cara dia mengekspresikan diri mereka sendiri. Mereka merasa kalo orang yang diajak ngomong itu mengerti apa yang mereka rasain.
        
Bahkan orang-orang hebat macam Mahatma Gandhi, Albert Einstein, J.K. Rowling dan Bill Gates sebenernya mereka semua adalah orang-orang penyendiri. Dari menyendiri dan berpikir itulah mereka bisa sehebat sekarang dan membuat hal-hal yang inovatif dan kreatif.
        
Jadi jangan heran kalo ada temen lo yang penyendiri dan gak suka di ganggu, itu karena emang kemauan dia dan itulah dia. Sekian dari gue, wassalam.
          
Satu quote dari gue:
“It doesn’t matter that you’re a loner, all you can do is to be yourself” – Trah Nugroho 19 y.o.

3 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Setuju Bro ...
    Terlihat lu emang loner nyata \m/

    ReplyDelete
  3. saya seorang introvert dan saya nyaman menjalaninya

    ReplyDelete