RENUNGAN: I don’t Like To Be Praised

Wah gak kerasa udah akhir tahun 2015. Udah banyak yang gue share di blog ini tapi gue rasa belom semuanya ter-explore. Kali ini gue bakal bikin sebuah rengungan, ya renungan yang isinya sempet ngerubah sudut pandang gue dalam melihat dunia, asik~. Langsung aja deh gausah basa-basi.



“Gue kagum sama lo”, “lo keren banget sumpah”, “lo lebih baik daripada dia”. Mungkin beberapa klausa tersebut merupakan “pujian”. Orang-orang pasti akan memuji kalo dia takjub sama suatu hal. Apalagi kao yang dipuji adalah diri kita sendiri, kita pasti bakal ngerasa nge-fly dan seneng banget dipuji orang atas kehebatan kita.

Itu dia yang melumpuhkan manusia. Kita seringkali terbawa suasana saat kita dipuji. Dengan pujian kita merasa cepet puas dan masa bodo. Ibaratnya pujian itu adalah penilaian bagus dari orang dan kita udah lolos KKM pujiannya sehingga kita dipuji orang itu. Padahal kita sendiri gatau maksud orang itu adalah memuji atau nyindir.

Emang beda tipis sih antara pujian dan sindiran. Gue pribadi seringkali muji orang padahal dalem hati gue maksudnya nyindir. Begitu pula gue juga sering dipuji tapi gue gatau inti dari pujian itu nyindir atau bukan.

Jujur gue pribadi lebih suka di kritik dari pada di puji. Kalo kata kepala sekolah gue di SMA dulu, “jadikan kritikan yang membangun sebagai sahabat dan jadikan pujian sebagai musuh kita”. Maksudnya bukannya biar kita di jelek-jelekkin terus, tapi intinya dengan kritik yang membangun kita bakal bisa mencapai yang lebih dan lebih baik lagi. Sedangkan dengan pujian kita bakal cepet puas dan kalo meleng-meleng dikit kita bakal kecurian. Harusnya kita lebih baik lagi, eh ternyata kita gak bisa dapet yang lebih baik lagi.

Impression gue kalo gue dipuji adalah terima kasih pastinya, menghargai orang yang memuji itu gak ada salahnya. Setelah itu gue pikirin deh pujiannya dia itu maksudnya apa, kalo asal muji doang pasti gue lupain pujiannya sedangkan kalo berisi sindiran dan kritikan pasti bakal gue pertimbangin dan buat jadi bahan acuan gue untuk berbuat yang lebih baik lagi.Sedangkan ketika gue di kritik atau dikasih saran gue pasti terima baik-baik saran itu dan gue pikirin gimana caranya biar gue bisa lebih baik lagi.

Gue yakin kalo di dunia ini gak ada yang sempurna. Walaupun lo dipuji tapi pasti banyak orang lain yang patut dapet pujian kayak gitu. Jadi kalo dipuji ya terima kasihin aja pastinya. Jangan sampe kalian malah nge-fly gara-gara pujian itu. Sekian dari gue.......

Satu quote dari gue:
“Be careful with the compliment, it can paralyze you” – Trah Nugroho 20 y.o.


Oh iya BTW ini postingan pertama gue loh yang quote-nya pake 20 y.o. setelah nama, wakakakakakakak.

0 Comments:

Post a Comment