Stereotipe Hidup Kita Beda Coyy!

Welcome back again to my blogspot fellaass!! Dalam postingan kali ini gue bakal bahas tentang apa yang namanya stereotype hidup orang. Penasaran? Cekidoott!

Stereotipe? Apa sih ituu? Menurut wikipedia sih stereotipe itu artinya adalah penilaian terhadap seseorang hanya berdasarkan persepsi terhadap kelompok dimana orang tersebut dikategorikan.” Cukup dimengerti kan? Intinya sih stereotipe itu kayak penilaian pada orang lain gitulahh.

Banyak orang yang menilai orang lain cuma berdasarkan stereotipe hidup orang itu sendiri. Misalnya kalo orang Batak dinilai wataknya keras, padahal gak semua orang Batak keras juga kan. Atau orang Betawi yang katanya males, padahal keluarga gue orang Betawi dan most of all pada sukses tuh. Jadi intinya kita gak bisa nilai seseorang hanya dari stereotipe hidup yang ada.

Kalo gue pribadi lebih anggep stereotipe itu kayak hal-hal mainstream yang ada di sekitar kita. Banyak hal mainstream yang orang lain suka tapi gue gak suka. Dan itu berarti gue gak masuk ke lingkaran stereotipe hidup mereka. Kok bisa? Ya karena gue punya lingkaran stereotipe hidup gue sendiri.

Kayak misalnya orang anggep cowok bakal lebih keren kalo jadi anak band. Sedangkan gue sendiri yang bukan anak band tapi gue merasa diri gue keren. Ya itu semua karena gue ada di lingkaran stereotipe yang gue bikin sendiri, bukan masuk di lingkaran stereotipe hidup orang-orang kebanyakan.

Ada yang bilang juga kalo cewek cantik adalah cewek yang jago dandan dan make upnya tebel. Padahal menurut gue banyak cewek yang natural tapi tetep cantik, sedangkan yang pake make up malah keliatan aneh dan menor. Itu juga karena stereotipe gue yang bilang begitu, bukan karena kata orang.

Stereotipe itu bagaikan standar. Istilahnya kalo dunia punya standar ISO (International Standard Organization), kita punya standar SNI (Standar Nasional Indonesia). Nah, kita harus bisa bikin standar kita sendiri, jangan ikutin stereotipe orang – orang.

Jadi intinya jangan peduli kata orang kalo lo cupu, gak asik, gak keren, dll. Kalo emang lo merasa diri lo udah keren, ya lanjutin aja. Itu adalah stereotipe hidup lo, lo yang buat, gausah denger kata orang.

Begitu pula kalo orang lain udah merasa keren padahal menurut lo biasa aja yaudah diemin aja. Mungkin dia udah punya stereotipe hidupnya sendiri, biarlah dia berkarya.

Gue rasa cukup, semoga bisa membuka pikiran lo semua terutama lo yang suka di bully dan disisihin dari pergaulan hidup sekitar lo. Wassalam.

Satu quote dari gue:


“I am fabulous and flawless, IN MY OWN WAY!!” – Trah Nugroho 20 y.o.

0 Comments:

Post a Comment