Belajar Keluar dari Zona Nyaman

Hello guys, selamat datang di blogspot gue lagi. Kali ini gue mau bahas sesuatu yang mungkin familiar tapi kita sendiri gak sadar sama hal ini. Okelah langsung aja yukk....

Image copyright trahgroo.blogspot.com 2017
Zona nyaman a/k/a comfort zone mungkin udah sering kita denger kalo di seminar-seminar motivasi atau kalo nonton acara TV motivasi. Tapi kalian ngerti gak maksud dari frasa tersebut?

Kalo diartiin sih emang Comfort Zone adalah Zona Nyaman, yaitu zona dimana kita ya bener-bener betah dan nyaman bahkan gak mau kemana-mana lagi karena emang udah nyaman.

Banyak yang bilang kalo orang mau sukses harus keluar dari zona nyaman. Trus kalo pacaran udah nyaman gimana dong? Cari yang baru? Hahahaha itu sih beda lagiiiii....

Gini, semakin banyak pengalaman kita, semakin banyak yang kita pelajarin dan kita pahamin. Begitu juga kalo semakin banyak konflik dan permasalahan yang kita hadapin, semakin kita ngerti cara hadapin masalah yang sulit.

Emang dalam menuju kesuksesan itu banyak banget halangan dan rintangan, salah satu halangannya itu adalah zona nyaman kita sendiri.

Kenapa bisa begitu??

Ya karena tiap diri manusia punya karakter masing-masing. Ada yang nurut sama kemauannya dan nafsunya aja, ada juga yang selalu melawan dan tetep teguh dalam pendiriannya untuk menuju kesuksesan.

Kalo orang sukses pasti selalu mencoba untuk mencoba hal-hal baru dan gak mau gampang terpengaruh oleh omongan orang maupun nafsunya sendiri. Nah disini bisa kita liat bahwa untuk mencapai kesuksesan ya kita harus tahan diri dan gak gampang terpengaruh apapun. Mereka selalu mencoba bangun dari hal-hal yang bikin dia terlena. Contoh ketika seseorang lagi enak-enakan tidur-tiduran sambil main HP, kan nyaman banget tuh, kalo dia mau dapet sesuatu yang menurut dia berharga kan gak mungkin dengan tidur-tiduran main HP doang, alhasil dia bangun dan baca-baca buku atau belajar untuk mencapai yang dia inginkan. Simple sih tapi butuh dorongan pribadi buat mewujudkannya, ya kan?

Sudahkah kalian keluar dari zona nyaman?

Ya kita liat aja kalo abis baca artikel ini kalian masih belum berusaha memikirkan hal yang diluar zona nyaman berarti anda belum keluar dari sana. Emang kalo diomongin gampang banget tapi kalo dilakuin susahnya setengah mati.

Gue sendiri baru menyadarinya belakangan ini. Gue adalah orang yang introvert, gak bisa ngomong kalo gak diajak ngomong. Gak mau negor kalo gak ditegor. Gue juga lebih suka menyendiri daripada beramai-ramai. Yaaa gue akuin gue lebih suka tiduran di kamar daripada berinteraksi sama orang di keramaian.

Tapi nyatanya apa? Gue sempet jadi wakil ketua OSIS di SMA yang mengharuskan gue berinteraksi dengan temen-temen OSIS, guru maupun temen sekolah. Gue juga sempet jadi Kepala Departemen Kominfo di Himpunan jurusan di kampus yang mengharuskan gue berkomunikasi dengan banyak pihak, gue pun juga punya staff yang harus gue jadikan partner kerja. Bener-bener bertolak belakang banget kan sama zona nyaman gue?

Gak cuma itu, gue kuliah di jurusan teknik sipil yang kebanyakan abisin waktu di lapangan alias diluar ruangan. Dan itu bukan gue banget. Alhasil, gue pun lulus dari sana.

Ditambah lagi gue yang kerja di bagian marketing, yang mengharuskan gue punya banyak relasi, call sana call sini, jual sana jual sini. Padahal gue gak punya bakat jualan. Lagi-lagi gue mengklaim ini sebagai langkah gue keluar dari zona nyaman.

Apakah gue udah sukses? Yaa semuanya butuh waktu dan proses. Gue bukan Jinny oh Jinny yang sekali 'tring' langsung jadi.

Jadi sukses itu apa??

Sukses gausah diartikan punya rumah mewah, mobil mewah, istri banyak, perusahaan besar. Gak selamanya begitu. Bagi gue sukses itu adalah cukup ketika impian kita tercapai. Ketika kita pengen lulus S1 dan kita lulus ya berarti udah sukses di impian itu. Ketika pengen beli motor baru dan akhirnya kebeli ya berarti udah sukses di impian itu. Kalo terlalu patokkin kesuksesan yang kayak gimana pasti gak akan ada abisnya, namanya juga manusia nafsunya gak abis-abis.

Begitu pula gue, waktu gue kuliah gue pengen cepet lulus dengan IPK bagus dan alhamdulillah gue sukses di impian itu. Waktu gue jadi kadept Kominfo gue berharap staf gue bisa betah dan solid, begitu juga dengan program kerjanya dan alhamdulillah terlaksana, jadi gue klaim saat itu gue sukses.

Jadi intinya kita harus belajar hal yang kita sendiri belum bener-bener pandai. Karena dengan begitu kita bakal bisa dan terbiasa dengan hal itu.

Oke sekian dari gue, yuk ah laangsung beranjak dari kasur dan coba hal-hal baru, jangan mager-mageran mulu.

Satu quote dari gue:
"I wanted to sleep now, but then I realized that there are plenty of people are studying right now, so I cancelled my plan to sleep and start studying" - Trah Nugroho 21 y.o.

1 comment:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete