Kayak Apa Sih Lawan Bicara yang Baik dan yang Buruk? Kamu Termasuk yang Mana?

Hei guyss, akhirnya ada kesempatan lagi buat nulis setelah sekian lama cari inspirasi dan ngumpulin mood. Seperti biasa, gue akan bahas hal yang common dalam hidup gue yaitu "Lawan Bicara".

Source: http://www.dieci.info/2018/01/10-cara-membaca-pikiran-lawan-bicara.html
Ngomongin soal lawan bicara, gue udah banyak berinteraksi sama banyak orang, ada yang seru, ada yang diem, ada yang sering ngegas, banyak deh. Dari situ gue banyak belajar tentang kepribadian orang apakah gue srek untuk berinteraksi sama dia apa enggak.

Berikut udah gue buat list tipe lawan bicara yang gue suka dan yang gak gue suka.....

Lawan Bicara yang Baik

1. Yang Mau Nyapa Duluan
Image result for people say hi
Honestly, I'm an introvert. Jadi agak susah buat gue untuk buka topik pembicaraan sama orang lain terutama orang yang baru aja gue temuin. Jadi pasti gue nunggu orang itu yang nanya gue duluan sebelum gue yang tanya, haha. Kecuali kalo gue dipaksa dalam keadaan dimana gue yang harus ajak ngobrol duluan, gue mau gak mau harus lakuin itu. Dan tentu saja dengan mikir keras harus ngajak ngobrol apa.

2.Yang Mau Timbal Balik
Image result for lawan bicara
Gue akan dengerin cerita dari lawan bicara gue dengan baik dan gue pun bakal kasih timbal balik, minimal banget dengan senyum atau kepala yang tengkleng ke kanan karena gue bener-bener perhatiin. Dan yang gue mau adalah lawan bicara yang seperti itu, mereka juga harus dengerin dan nyimak saat gue berbicara.

3. Yang Peduli Sama Gue
Related image
Sebuah percakapan yang aktif adalah percakapan dambaan gue. Gue mau setelah dia cerita tentang dirinya, dia juga nanya tentang diri gue, jadi biar komunikatif gitu. Jadi gue gak terus-terusan dengerin dia nyerocos terus.

4. Yang Simpati Sama Apa yang Gue Omongin
Image result for lawan bicara
Ketika gue cerita sesuatu, gue mau orang itu melontarkan pertanyaan ke gue, entah apalah itu, atau menunjukkan ekspresi wajah yang menunjukkan kao dia peduli. Buat ngeyakinin bahwa orang itu nyimak gue selama gue ngomong.

5. Yang Punya Sense of Humor yang Asik
Image result for people laughing
Harus gue akuin kalo selera humor gue itu random kadang berat kadang receh. Naah oleh karena itu gue mau lawan bicara gue bisa ngerti apa yang gue omongin. Kadang awkward banget kalo gue gelawak tapi krik....krik.... niatnya mau bikin dia ketawa eh dia malah nanggep serius. Makanya sebagai manusia kita sering-seringinlah becanda, haha.

6. Yang Nyambung sama Gue
Image result for people excited in conversation
Oke mungkin ini agak subyektif karena gak semua orang punya selera yang sama. Gue akuin gue suka beberapa musik barat, film barat ataupun apapun yang lagi viral di sosmed. Kalo kalian nyambung pas gue ajak ngomong beginian atau apapun itu, fix kita temenan, hahaha.

Itu barusan adalah beberapa kriteria lawan bicara yang baik buat gue. Gimana kalo lawan bicara yang huruk??

Lawan Bicara yang Buruk

1. Yang Diem-diem Doang
Image result for boring conversation
Gue ajak ngomong dianya ngangguk doang, gue tanya lagi dia jawab seperlunya doang. Jadi kayak wawancara TV aja. Dia pun juga gak bales nanya ke gue. Biasanya orang yang begini gue diemin aja, gak akan mau gue ngobrol sama orang macem beginian.

2. Yang Gak Kasih Kesempatan Gue Buat Ngomong
Related image
Gue adalah anak tunggal, gue ga punya sodara yang bisa diajak ngobrol atau cerita. Nah biasanya gue suka cari temen buat diajak ngobrol atau cerita. Tapi kalo orangnya macem beginian gue jadi males mau cerita. Dari awal percakapan kerjaan dia cuma cerita panjang lebar tentang hidup dia tanpa kasih kesempatan buat gue untuk cerita atau bahkan untuk nanggepin cerita dia. Biasanya orang yang beginian gue cuma bisa ngangguk-ngangguk aja tanpa kasih pertanyaan balik ke dia sampe dia capek ngomong dengan sendirinya. Senggaknya bisa nguntungin gue juga jadi dia gak banyak tau tentang gue, sehingga dia gatau kelemahan gue apa.

3. Yang Belagu, Sok Iye dan Sok Pinter
Related image
Paling males ngobrol sama orang yang belagu seolah-olah dia paling pinter. Omongannya gede-gedein dirinya sendiri seolah dia adalah expert di bidangnya, padahal mah..... kagak. Entah ngomongin agama lah, politik lah, filsafat hidup lah apalah itu pokoknya. Kalo di sanggah dikit dia ngomel, mendingan gue diem aja kalo ngobrol sama orang yang begini.

4. Yang Suka Ngacangin Orang
Image result for boring conversation
Gue ngomong A, dia malah alihin pembicaraan ke B. Gue nanya begini, dia malah sibuk main HP seolah gak denger gue sama sekali. Gue panggil-panggil dianya diem aja. Fix banget orang macem ini pengen gue musuhin aja rasanya. Kalo gue pribadi biasanya selalu nanggepin setiap orang ngomong, mau penting atau enggak pasti selalu gue tanggepin. Kalo misalnya gue dipanggil padahal gue lagi ngobrol sama orang lain pasti gue lambaikan tangan ke dia dengan maksud "bentar dulu, gue lagi diajak ngomong orang", setelah itu pasti gue tanya ke yang manggil gue, "iya kenapa tadi?" Sopan kan gue? Yang gua gasuka juga kalo orang macem ini suka motong pembicaraan orang. Benci banget gue.

5. Yang Gak Ada Pedulinya sama Gue Sama Sekali
Image result for boring conversation
Gue cerita panjang lebar dengan maksud minta nasihat atau petuah, dia malah ceritain dirinya tanpa nanggepin apa yang gue ceritain barusan. Sakit sih rasanya digituin. Ketika gue mau curhat sama orang dengan tujuan nyari solusi tapi dianya malah memperburuk keadaan. Biasanya gue mendingan pulang aja kalo nemu orang yang begini.

6. Yang Gak Nyambung sama Gue
Image result for boring conversation
Gue suka One Republic dia suka Armada, Gue suka Deadpool dia suka Marmut Merah Jambu, Gue suka Dua Lipa dia suka Ayu Ting-ting, Gue anak metropolitan dia jamet kampung. Fix kita gak temenan.

7. Yang Suka Nge-Gas
Image result for angry people in conversation
Ada tipe orang yang diajak ngomong baik-baik tapi malah jawabnya ketus banget, bahkan sampe bentak-bentak. Biasanya ada orang yang emang adat dari sukunya kayak begitu, yaaa walaupun gak semuanya begitu juga sih. Tapi ngobrol sama orang macem begini bikin sakit hati doang biasanya. Dalam hati gue bakal bilang, "yaudah sih gausah ngegas, elah!" Hahahaha

Okey gue rasa cukup disini aja. Gue jadi penasaran kalian tuh termasuk tipe yang bijimana? Apakah yang baik atau yang buruk. Karena honestly gue selalu mencoba menjadi lawan bicara yang baik bagaimanapun kondisinya.

Thanks for visiting guys..... Have a nice day

"The way I treat you depends on how you treat me" - Trah Nugroho, 22 y.o.

0 Comments:

Post a Comment