13 Reasons Why : Series Netflix yang Harus Ditonton dengan Mental yang Kuat [SPOILER ALERT!]

 

Hello guys, welcome back again to my blog. Kali ini gue mau cerita dikit tentang sebuah series yang baru aja gue selesai tonton belum lama lalu, judulnya "13 Reasons Why" atau kita singkat 13RW aja ya biar lebih simple.

Mungkin gue belum banyak nonton series-series terutama series Amerika. Tapi untuk series ini gue akuin merupakan salah satu series yang wajib banget ditonton soalnya bener-bener bawain kisah yang sebenernya ada di sekitar kita, tapi mungkin kita gak sadar sama hal-hal tsb.

But I strongly recommend you to be careful while watching this series, karena banyak banget kekerasan maupun hal sensitif yang ditampilin yang mungkin bisa ganggu kesehatan mental penontonnya. Ini ada salah satu kasus gara-gara series ini Dua Remaja Diduga Bunuh Diri Usai Menonton '13 Reasons Why'. So, hati-hati sebelum mulai series ini ya.
Monolog pembuka sebelum mulai series ini di season 2
Series yang diadaptasi dari Novel berjudul sama tahun 2007 karangan Jay Asher ini, dibintangi oleh beberapa aktor muda kayak Dylan Minnette, Katherine Langford, Alisha Boe, Brandon Flynn, dll. Ceritanya pun juga ringan dengan mereka sebagai anak sekolah yang kerap dengan lingkungan sosial disana yang cukup keras. Series ini juga dapet banyak review bagus dari beberapa kritikus movie and series jadi layak banget buat ditonton.

Pastiin kalian udah nonton dulu ya sebelum baca postingan ini, karena bakal banyak spoiler di dalemnya. Kalo yang belum sempet nonton mungkin bisa langsung scroll down sampe bagian My Opinion About This Series.

Season 1
Official Poster 13RW Season 1
Season 1 ini dirilis tanggal 31 Maret 2017 kemarin di netflix. Cerita berawal dari seorang siswi bernama Hannah Baker yang memutuskan buat bunuh diri karena udah gak kuat lagi jalanin hidupnya. Sebelum dia bunuh diri, dia buat beberapa rekaman tapes yang jadi alasan kenapa dia bunuh diri. Isi tapes-nya ada 13 set yang masing-masing tapes ceritain tentang orang-orang yang bikin dia mau bunuh diri. Dan orang-orang itu harus denger tapes itu satu persatu berurutan dari orang di tapes no 1 sampe no 13. Dan gak cuma itu, orangtua Hannah masih gak rela kalo anaknya itu bisa bunuh diri. Mereka nyalahin sistem di sekolah itu yang bikin Hannah kepikiran mau bunuh diri, sampe orangtua Hannah bawa kasus ini ke persidangan.
The tapes
Di season ini diceritain Clay Jensen, yang ada di tape 12, yang dapet giliran denger tapes ini. Dia agak bingung kenapa dia harus denger tapes ini, apalagi dia adalah salah satu orang yang deket banget sama Hannah sebelum kematiannya.

Dia denger satu-persatu tapesnya. Dia pun juga nemuin beberapa kenyataan yang bikin dia makin merasa bersalah atas kematian Hannah. Gak cuma itu, dia juga makin tau apa yang terjadi sama Hannah dan orang-orang disekitarnya sebelum kematian Hannah.

Banyak banget yang diceritain Hannah di tapes ini. Mulai dari hubungan cinta dia sama Justin Foley yang cuma sebentar, persahabatan dia sama Jessica Davis & Alex Standall yang akhirnya hancur karena mereka pacaran, hubungan dia sama Courtney yang di stalk sama Tyler Down, Marcus Cole yang jadiin Hannah sebagai ajang taruhan sama temennya, kedekatan dia sama Zach Dempsey yang keliatan famous dan keren padahal kesepian, puisi yang menyiratkan bunuh diri Hannah yang disebar Ryan Shaver dan dimasukin di majalah sekolah, pemerkosaan yang dilakukan Bryce Walker ke Jessica, insiden kecelakaan sampe Jeff Atkins tewas yang penyebabnya Sheri Holland dan Hannah yang numpang mobilnya, Clay Jensen yang sempet diusir Hannah dan dimarahin dia pas pesta walaupun Hannah sayang sama Clay, sampe yang terakhir guru BP disekolahnya, Mr. Kevin Porter, yang acuh - ga acuh sama cerita Hannah tentang keseriusannya mau bunuh diri, sampe kenyataan kalo sebenernya Bryce Walker juga memperkosa Hannah.

Hannah sempet pacaran sama Justin
Alex, Hannah & Jessica
The Beginning of Their Friendship
Foto Ciuman Hannah & Courtney yang Bocor karena Ulah Tyler
Courtney Crimsen
Hannah yang dilecehkan Marcus
Zach Dempsey
Puisi Buatan Hannah
Jessica awalnya sama Justin dikamar
Justin yang Hampir Berentiin Bryce pas mau perkosa Jessica
Sheri Holland
Clay & Hannah di Cresmont
Clay Jensen
Hannah yang Diperkosa Bryce Walker di Hot Tub
Ryan Shaver
Bryce Walker
Mr. Kevin Porter selaku guru BP
Orangtua Hannah Baker
Gak cuma tapes aja, kita juga dihadapin sama beberapa keadaan dimana sekolah ini bener-bener berisi orang-orang yang gak bener dan perilaku yang gak bener juga. Kayak bullying, drugs, free sex dan banyak banget.
Alex Standall yang Dibully
Jessica yang Mabok
Alex Standall 
Clay Jensen yang Dituduh Nyimpen Narkoba
Tyler Down yang Dibully
Justin Foley yang Mengalami Kekerasan di Keluarganya
Hannah Baker yang Mengakhiri Hidupnya
Season 2
Official Poster 13RW Season 2
Lanjut ke season 2 yang baru rilis 18 Mei 2018 kemarin. Di season ini kita dihadapkan ke kenyataan kalo cerita yang Hannah rekam di tapes itu belum keseluruhan, masih banyak lagi fakta-fakta yang belum terungkap yang menyebabkan Hannah mau bunuh diri. Dan di season ini juga dijelasin keblangsakan Bryce Walker yang udah lewat batas karena dia gak cuma perkosa Jessica & Hannah aja, tapi masih banyak korban lain.
Foto Polaroid bukti keblangsakan Bryce dkk
Season ini dimulai ketika Clay udah mau coba lupain kasus Hannah, tapi ada orang misterius yang kasih foto-foto bukti kalo Hannah ga sendirian, masih banyak korban kekerasan di sekolah itu yang lain. Gak cuma Clay, Alex yang di ending season 1 pengen coba bunuh diri tapi gagal, juga dikasih serangan berupa tulisan-tulisan menyerang dia oleh pengirim misterius itu.
Salah satu foto Polaroid 
Foto Polaroid
Justin Foley yang sempet kabur dari rumah
Hannah yang selalu menghantui Clay
Alex Standall yang menerima peluru
Sedangkan di persidangan, orangtua Hannah nuntut sekolah itu biar diadili seadil-adilnya, walaupun kondisi kedua orangtua Hannah udah gak barengan lagi. Semua saksi yaitu orang-orang yang ada di tapes itu di datengin buat kasih kesaksian. Mulai dari Ryan, Courtney, Zach, Jessica, Tony, Clay, Tyler, Marcus, Justin, Mr. Porter sampe Bryce Walker juga kasih kesaksian di persidangan.

Satu hal yang baru terkuak adalah ternyata Hannah sempet deket sama Zach sampe mereka sama-sama saling sayang dan kasih keperawanan mereka satu sama lain. Hubungan mereka bener-bener cute paraahhhh. Gak cuma itu, waktu Bryce kasih kesaksian dia malah 100% bohong dan puter balikan fakta seolah Hannah adalah wanita jalang. Sungguh bejat itu Bryce.
Orangtua Hannah di persidangan
Tyler Down dipersidangan
Pengacara Orangtua Hannah di persidangan
Jessica Davis di persidangan
Fakta sidang kesaksian Zach kalo Hannah dan Zach pernah deket
Clay Jensen di persidangan
Bryce Walker di persidangan
Putusan Juri yang membebaskan sekolah dari tuduhan
Orangtua Hannah yang legowo terima putusan hakim
Di akhir cerita di ceritain juga kalo Jessica akhirnya laporin Bryce ke polisi atas tuduhan pemerkosaan. Sampe akhirnya Bryce dan Justin masuk tahanan beberapa bulan.

Konflik belum selesai karena kesalahan Tyler Down yang upload keisengannya bareng sama temennya, Cyrus, ke Facebook dan di bully lah dia sama temen-temennya Bryce. Sampe akhirnya Tyler hampir mau bunuh orang-orang di pesta tapi untungnya gak ketangkep polisi dan season 2 berakhir. Mungkin bakal lanjut ke season 3 kali ya??
Jessica lapor ke polisi
Keisengan Tyler dan Cyrus buat ngusik Bryce dan temennya
Tyler kena Bully
Tyler hampir nembak temen-temennya
My Opinion About This Series
Overall gue suka sama cerita yang disajiin di series ini. Selain kasusnya ada di sekitar kita, plot yang diceritain juga cukup masuk akal sama realita. Kadang nguras emosi juga, terutama buat orang yang pernah ngerasain hal yang sama kayak bully, kesendirian, patah hati, masalah keluarga, masalah seksual dan lain-lain yang jadi bahan sajian di series ini.

Gue sendiri paling suka sama karakternya Alex Standall, kharismanya keren banget dan gayanya walaupun agak freak di season 1 tapi juga kalem di season 2. Dan juga personality dia yang dingin dan cuek, kadang merasa gue banget, haha.
Alex Standall di Season 1
Alex Standall di Season 2
Kalo episode yang paling menyentuh adalah di season 1 episode 7 tentang tapes yang bahas Zach Dempsey, dimana dia orang yang bisa dibilang "nearly perfect" tapi sebenernya dia kesepian. Mungkin karena hampir sama kayak yang gue alami kali ya, haha. Sumpah gue hampir berkaca-kaca nonton episode ini.
Zach Dempsey yang Ganteng, Hebat dan Famous tapi Sebenernya Kesepian
Jujur bagi gue agak sulit ikutin series ini, bukan karena jalan ceritanya, tapi karena terlalu menyentuh hati dan menguras emosi banget. Kadang bunuh diri seolah jadi pilihan hidup buat mengakhiri semua masalah, walaupun itu salah banget. Honestly, gue juga kadang mikir kalo gue bunuh diri juga kayak Hannah Baker karena masalah yang ada di hidup gue, gue udah kebayang siapa-siapa orang yang jadi "Reasons Why" gue pilih jalan itu. Tapi alhamdulillah gue masih punya iman di hati dan masih inget Allah, jadi gue urungkan jauh-jauh niat itu.

Pesan moralnya adalah, buat kalian, siapapun kalian, kalo punya temen yang emosinya suka ga stabil atau suka berperilaku aneh belakangan ini seolah ga punya harapan hidup, ajak mereka ngomong, tanya masalah mereka, bantu sebisa kalian, nyawa mereka itu sangat berarti jangan sampe dia sia-siain.
Mungkin mereka seolah ga mau diusik, tapi sebenernya di lubuk hati mereka terdalam tuh mereka pengen diajak ngobrol heart-to-heart sama orang terdekat mereka. Jadi be aware ya gaes sama yang ada di sekitar kita.....

Sekian dari gue, semoga bisa dipetik hikmahnya. Wassalam....

Satu quote dari series 13 Reasons Why:
Source: http://blog.sleepingangel.com/?p=2345

0 Comments:

Post a Comment